Selasa, 10 September 2013

Muridku ini Memang Tidak Mahir Menghitung dan Menghapal, Tapi Dia…

Dialah muridku,  Ali Hasimi namanya.







Gambar 1. Ali Hasimi

Dia sangat  sangat tidak bisa menghapal, cukup sulit menulis, dan sedikit tidak nyambung. Bayangkan, misalnya pelajaran B.Inggris, saya suruh mereka mengisi titik-titik dengan hanya memilih is, am, atau are. Akan tetapi dia malah mengisinya dengan we, they, she, he.

Saya menganggap dia maaf, bodoh. Namun saya cukup tersentak ketika saya mengajar mereka menggambar. Saya pancing siswa untuk menggambar dari bentuk awal yang saya beri. kemudian setiap siswa harus berpikir kreatif jadi apa bentuk awal tersebut. Dan WAW, dia sangat kreatif dan berbakat menggambar. Inilah gambar kreatif dia yang berhasil saya abadikan.
Gambar 2. Huruf D jadi sebuah telinga gajah


Gambar 3. Huruf a jadi seekor burung

Gambar 4. angka 3 jadi sebuah sayap burung


Dialah muridku, Syahmuddin namanya.




Gambar 5. Syahmuddin

Soal hitungan tidak mahir, hapalan entahlah. Tapi, imajinasinya WAW. Begitu sangat kreatif otak kanannya bekerja. Ini gambarnya.
  Gambar 6. Simbol sigma jadi traktor

 Gambar 7. Huruf W jadi mulut Naga

 Gambar 8. Angka 2 jadi sebuah motor

Gambar 9. Angka 7 jadi sebuah kaca mobil

Hampir semua guru mengatakan mereka bodoh, tapi semenjak itu pikiran saya berubah. Tidak lho, mereka tidak bodoh. mereka hebat, sangat hebat. Coba saja, bagaimana jika guru-guru tersebut disuruh untuk menggambar seperti di atas? Belum tentu bisa bukan? Apakah lantas murid dapat mengatakan gurunya bodoh? Tidak kan?

Semenjak inilah, saya sadar bahwa tugas guru salah satunya adalah menuntun anak muridnya menemukan bakat, potensi, serta keinginannya. tidak melulu seseorang sukses harena hapalan dan hitungan. setiap murid memiliki caranya sendiri sendiri untuk sukses.

Dan, ayo nak berimajinasi seceria mungkin :D


Penulis Nur Azizah  (Pend.Ilmu Komputer, SM-3T Kabupaten Aceh Timur)
Sumber: http://phinueisal.wordpress.com/2012/10/10/muridku-ini-memang-tidak-mahir-hitung-hapal-tapi-dia/



0 komentar:

Posting Komentar